Selasa, 21 Mei 2013

Arigatou Otousan wa Okaasan

Abah, Mama. Tidak seperti orang tua lainnya *yaiyalah*
Mungkin kalau kalian yang pecandu sinetron tidak jarang menemukan adegan orang tua yang terlalu mengekang anaknya untuk seperti yang mereka inginkan. Ataauuuu orang tua yang terlalu memanjakan anaknya, sampe sang anak berlagak bak artis di panggung dunia.

Kali ini, lagi pengen cerita tentang ortu. Ya mungkin karena syndrom kangen rumah lagi kumat. Atau ada 'hal lain'.

Abahku orangnya baaaaiiiiiikkkkk hatiiiiiiii. Bener, ane gak bo'ong, liat tampang ane *menampakkan wajah ke arah atas dengan hidung kembang kempis* emang ada tampang bo'ong gitu? *dan kemudian hening*

Yak! Biar wajah abah agak garang, tapi itu ya karna dampak dari kerja keras abah selama ini, berjuang menghidupi keluarga sampe sekarang, tapi sebenernya hatinya abah kayak Hello Kitty kok :3.

 Kalo ane pengen kilas balik kehidupan abah jaman dulu, abah emang orangnya gentle (lembut? baca: cowok banget) abis! Kuliah belom selese, udah berani nikahin mama dan berani-beraninya sebelum wisuda udah punya anak satu. Setelah lulus, abah dikaruniai anak lagi (bayangpun!) dan Alhamdulillah dapet pekerjaan jadi karyawan di suatu bank Jakarta (ini ceritanya sebelum dapet kerja masih berdomisili di Nganjuk tepatnya Kertosono). Pas dapet kabar gembira ini, abah lagi-lagi dengan gentlenya pergi ke Jakarta dengan mengajak dua orang anak dan pastinya seorang istri kesana. Kalo denger cerita dari saksi hidupnya (ninik: ibu dari abah), abah ke Jakarta cuma di kasih bekal sama ninik beberapa peralatan dapur, 1 guling dan 1 bantal, dan saat menuju Jakarta gak tau daerahnya sama sekali, dan belom tau mau tinggal dimana. Nekat banget gak sih? Tapi, Alhamdulillahnya, abah dimudahkan bisa dapet kontrakan kecil-kecilan di daerah Jakarta Selatan. Ya hampir 5 tahunan kali yak (gak tau pastinya) abah kerja jadi karyawan bank, dan dikaruniai anak lagi yang lahir di Jakarta pastinya (siapa dia? ya ane lah :D). 

Waktu tahun 95 Alhamdulillah abah bisa beli rumah di daerah Depok, dan saat itu mama lagi ngandung anak yang ke-4. Di tahun 98 ada PHK besar-besaran, abah termasuk yang di PHK (di tahun ini juga lahir ade ane laki-laki, seperti keinginan abah mama). Mama dengan keahlian di bidang enterpreneurshipnya *hasek* akhirnya mencoba membuka warung kecil-kecilan. Alhamdulillah warung yang tadinya kecil berkembang jadi semacam toko sembako. Yah, lumayan besar, bisa sampe nguliahin anak-anak abah sampe udah ada 2 sarjana di dalem rumah (InsyaAllah ane nyusul :) aamiin)

Abah dan mama udah bertahun-tahun kerja ngurus toko. Buka dari jam 6 pagi sampe jam 10 malem, gak bisa ngebayangin betapa lelahnya mereka. Mama yang jaga toko, abah yang dengan baik hati nganter-nganter barang dengan sapaan ramahnya yang tanpa meminta bayaran untuk uang antar sepeserpun, dan ini sudah abah dan mama lakukan selama bertahun-tahun, ya sampe sekarang. Kalo udah waktunya tutup toko, abah sama mama menyempatkan waktunya untuk nonton TV bareng anak-anaknya (mungkin juga karna selama jaga toko gak kesempetan buat liat TV), sampe saking capeknya abah sama mama ketiduran pas nonton TV, jadinya yah TV yang nontonin mereka.

Abah itu orangnya gak tegaan, pernah suatu ketika ada kegiatan pengajian komplek, abah dengan baik hatinya nyumbang air minum gelas berdus-dus dan snack-snacknya. Mama dengan insting enterpreneurshipnya melarang abah untuk jangan sering-sering ngasih banyak kayak gitu. Haha :D lucu dah, mereka saling melengkapi :)

Dari jaman ane kecil abah selalu ngingetin ane buat sholat 5 waktu, apalagi waktu sholat subuh, abah gak pernah absen bangunin anak-anaknya buat sholat subuh. Abah gak bisa ngajar anak-anaknya ngaji, mangkanya anak-anaknya di masukin ke TPA biar kata abah paling gak anak-anaknya bisa baca Al-Qur'an, sampe kalo bolos ngaji sekali aja, abah marah-marah, tetep disuruh dateng padahal pengajian udah pengen selese.

Dulu waktu ane masih SD abah pernah marah besar sama ane, gegara pagi-pagi dan belom mandi udah keluyuran maen PS. Sampe dijemput, terus dibawa pulang kerumah dan disuruh diri menghadap kedinding dan abah langsung ngomel-ngomel ngeluarin segala nasehat supernya selama 1 jam-an. Dan saat itu ane merasa jadi anak yang  durhaka sama orang tua. Tapi semenjak itu abah gak pernah marah kayak gitu lagi, paling marah ngomel ngingetin doang.

Semenjak ane masuk kuliah, abah jadi mulai lentur. Sama sekali gak pernah marahin ane, entah kenapa. Mungkin karena sampe saat ini ane satu-satunya dari jaman SD sampe kuliah, dapetnya yang negeri terus. Mungkin juga, karena abah tau bahwa anaknya yang satu ini sudah mulai dewasaaaaa :D, jadi udah gak pantes lagi dimarah-marahin kayak anak kecil. (tapi sebenernya gak apa2 juga sih dimarahin, halah, itu tadi cuma pendapat ane aja).

Pokoknya, abah itu ayah, papa, abi paling gentle sedunia! Mama juga ibu, enyak, ummi paling bae sedunia! 4 jempol dah! (2 buat abah, 2 lagi buat mama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar